Yuk Intip Berbagai Peran Dokter Kandungan Selama Masa Kehamilan

Masa kehamilan menjadi momen penting yang tidak akan pernah dilupakan oleh setiap wanita. Karena di masa ini anda tidak hanya memperhatikan kondisi diri sendiri, melainkan juga dengan kehidupan kecil yang ada di dalam rahim. Pada masa tersebut, klinik dokter kandungan akan membantu cukup banyak. Berikut beberapa peran dari dokter kandungan selama masa kehamilan tersebut.

Yuk Intip Berbagai Peran Dokter Kandungan Selama Masa Kehamilan

Peran Dokter Kandungan atau Obgyn

1. Kehamilan

Seperti yang telah disinggung, dokter kandungan memiliki peranan penting dalam masa kehamilan. Dimana kehamilan sendiri memang menjadi tugas utama dari dokter obgyn tersebut. Pasalnya, kehamilan yang terjadi ternyata memiliki berbagai macam jenis yang masing masingnya bisa memiliki penanganan berbeda.

Untuk kehamilan normal, maka terjadi di dalam rahim wanita kemudian janin nantinya akan berkembang hingga usia kehamilan ini matang dan bayi lahir ke dunia. Selain kehamilan normal tersebut, dokter kandungan umumnya juga melayani perawatan untuk kehamilan jenis lainnya seperti kehamilan luar rahim atau ektopik.

Selain itu ada juga kehamilan anggur, yang mana janin tidak berkembang namun justru menggerombol sehingga terlihat seperti buah anggur dan kehamilan kosong atau biasa disebut blighted ovum (BO). Semua jenis kehamilan ini akan ditangani dengan tepat oleh dokter kandungan atau obgyn, dan membantu agar para ibu bisa melewati masa kehamilan dengan lancar.


2. Solusio Plasenta dan Preeklampsia

Klinik dokter kandungan akan membantu calon ibu untuk melewati masa kehamilan sebaik mungkin, dengan cara menangani berbagai masalah yang terjadi selama proses tersebut. Dimana beberapa kondisi atau masalah yang bisa terjadi selama masa mengandung yaitu solusio plasenta dan preeklampsia.

Solusio plasenta sendiri merupakan kondisi saat plasenta terlepas dari rahim sebelum waktunya. Sementara preeklamsia ditandai dengan munculnya tekanan darah tinggi, protein keluar dari urine, serta tungkai bumil yang menjadi bengkak. Pengecekan rutin ke dokter kandungan akan membantu anda mencegah beberapa kondisi tersebut.


3. Kehamilan Berisiko

Selain berbagai macam jenis kehamilan dan masalah yang mungkin terjadi selama masa tersebut, ada juga kondisi kehamilan berisiko yang sangat penting untuk dipantau oleh seolah dokter obgyn ahli. Kehamilan berisiko ini yaitu ketika seseorang hamil di usia yang sudah tua atau bahkan terlalu muda.

Alasannya yaitu semakin tua usia saat mengandung, maka risiko yang ada jug akan semakin tinggi. Sebaliknya, usia yang terlampau muda dikhawatirkan bahwa tubuh belum siap untuk menerima serangkaian proses tersebut. Ditambah lagi dengan riwayat penyakit yang dimiliki oleh bumil, tentu akan sangat berisiko pada kehamilan sehingga klinik dokter kandungan akan sangat membantu di sini.

Selain beberapa peran seperti di atas, dokter kandungan juga memiliki peran lainnya di luar masa kehamilan. Contohnya menangani kelahiran prematur dan menangani bayi yang bahunya terjebak saat proses melahirkan sehingga kelahiran normal sulit dilakukan. Dalam hal ini, anda yang berada di daerah Jakarta dan sekitarnya bisa memilih klinik OMDC dengan dokter kandungan terbaik.

Next
This is the most recent post.
Older Post

0 comments:

Post a Comment

Breaking News
Loading...
Quick Message
Press Esc to close
Copyright © 2013 flowercast.net All Right Reserved