Tips Memulai Karir Sebagai Penulis Konten yang Sukses

Di zaman modern seperti sekarang ini, apa saja bisa dijadikan pekerjaan. Termasuk sebagai seorang penulis konten freelancer. Anda bisa bekerja dari rumah sambil mengerjakan hal lain yang mungkin lebih utama alias menjadikan ini sebagai kerjaan sampingan saja. Namun, jangan salah, ya! Pekerjaan ini juga menghasilkan. Nah, bagaimana cara memulai karirnya?

Tips Memulai Karir Sebagai Penulis Konten yang Sukses

1. Harus Hobi Membaca
Hal pertama yang harus Anda lakukan bila ingin menjadi seorang content writer yang sukses adalah harus hobi membaca. Sebab, dari membaca Anda bisa mendapat berbagai ide untuk menulis. Bahkan, pengembangan kerangka tulisan juga bisa Anda dapatkan dari membaca. Baik itu membaca secara daring atau biasa, semua bisa.

2. Miliki Basic Skills
Semua orang bisa menulis. Bahkan, mereka yang tak gemar membaca pun bisa. Hanya saja, perusahaan yang memesan jasa konten biasanya akan memilih writer yang memiliki basic skills yang baik. Apa saja yang termasuk dalam basic skills ini agar Anda bisa mengerti? Ia adalah kemampuan untuk menulis dengan struktur yang benar.

Struktur yang dimaksud adalah struktur sebuah artikel, yakni pembuka, isi dan penutup. Writer juga harus paham dengan konsep 5W + 1H. Anda juga harus menghindari yang namanya salah eja dalam menulis, kalimat yang tidak komprehensif, salah ketik dan lain sebagainya.

3. Selalu Berlatih dan Berlatih
Bila Anda memiliki skill yang bagus dan juga senang membaca, jangan lupa untuk terus melatih kemampuan. Anda bisa mulai menulis di blog sendiri lebih dulu. Ini bisa dijadikan ajang melatih diri dan memperbanyak pengalaman menulis yang didapat.

4. Kuasai Banyak Kosakata
Lalu, Anda juga diharuskan untuk menguasai lebih banyak kosakata. Menulis artikel untuk konten itu tentunya terdiri dari banyak paragraf yang di dalamnya ada rangkaian kata. Untuk membuat artikel yang Anda tulis berkualitas, baiknya Anda memilih kosakata yang baik dan tepat.

Jika seorang penulis konten tidak memiliki perbendaharaan kata yang banyak, maka itu bisa saja menghambat pekerjaannya. Anda akan terhambat karena harus mencari kosakata yang sesuai untuk konten-konten tertentu sedangkan Anda sebenarnya sangat berpacu dengan waktu. Jelas keadaan ini akan merugikan Anda sendiri nantinya.

5. Seringlah Review Tulisan
Setelah menulis, baiknya Anda juga melakukan review terhadap tulisan tersebut. Lakukanlah review berkali-kali sampai artikel itu dirasa layak untuk ipublikasikan. Review ini bisa berupa kegiatan edit mengedit dan lain sebagainya. Tujuannya tentu saja untuk membuat tulisan tersebut jadi lebih sempurna.

6. Ikutilah Pelatihan
Kalau ada pelatihan tentang kepenulisan di dekat tempat tinggal Anda, datangilah. Pelatihan ini biasanya dijadikan ajang sharing banyak orang. Anda bisa mendapat banyak ilmu baru tentang dunia kepenulisan di tempat ini dan tentunya sangat bermanfaat untuk profesi Anda sebagai seorang content writer.

7. Jaga Profesionalitas
Profesionalitas adalah hal yang penting dalam sebuah pekerjaan. Meski Anda bekerja sebagai seorang freelancer, tentunya profesionalitas tetap harus dijaga. Anda bertanggung jawab atas artikel yang dikerjakan dan harus sesuai dengan waktu yang diberikan. Jika tidak, hal ini tentunya akan merugikan orang yang memesan jasa Anda.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan bila ingin menjadi seorang penulis konten yang sukses. Ingat, setiap pekerjaan pasti ada tanggungannya. Tentunya Anda harus bisa menghadapi hal ini bisa mau sukses. Bila Anda tertarik untuk bekerja sebagai content writer, yuk gabung saja di fastwork.id untuk pengalaman freelancer content writer yang baik.

0 comments:

Post a Comment

Breaking News
Loading...
Quick Message
Press Esc to close
Copyright © 2013 flowercast.net All Right Reserved